Sabtu, 06 Februari 2010

berbagai macam kabeL data internaL pada PC


1) PATA (Pararel ATA) Data Cable.

PATA, Paralel Advanced Technology Attachment (ATA) adalah interface standar untuk menghubungkan storage devices seperti harddisk dan CD-ROM drives dalam personal komputer, kalau saya sih nyebut nya kabel data.
Banyak terdapat istilah dan sinonim untuk ATA, termasuk singkatan-singkatan seperti IDE, ATAPI, dan UDMA. Standar paralel ATA hanya mengizinkan panjang kabel hingga 46 sentimeter, sekitar 18 inchi, walaupun kabel yang 91 sentimeter ada dijual dan dapat dibeli.
Karena keterbatasan ini dan harganya yang terjangkau, teknologi ATA biasanya digunakan untuk interface penyimpan komputer internal.


2)Floppy Drive Data Cable.

Kabel data floppy disk merupakan kabel data hanya untuk Floppy drive. Kabel ini memiliki 34 pin. Dari segi fisik, kabelnya mirip dengan kabel PATA, bedanya pada umumnya kabel data floppy drive terdapat bagian yang disobek.


3) SATA (Serial ATA) Data Cable.

Serial ATA atau SATA bus komputer, adalah penyimpanan-antarmuka untuk menghubungkan host bus adapter untuk perangkat penyimpanan massal seperti hard disk drive dan optical drive. SATA host adapter terintegrasi ke hampir semua konsumen modern dan desktop laptop motherboard.

SATA menarik menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan yang lebih tua paralel ATA (PATA) antarmuka: mengurangi kabel-massal dan biaya (dikurangi dari 80 kabel ke tujuh), lebih cepat dan lebih efisien transfer data, dan hot swapping.

Keuntungan SATA adalah kabel yang tipis yang bertujuan agar udara dapat bekerja lebih efesien, transfer lebih cepat, hot swap, dan lebih tahan lama.

0 komentar:

Posting Komentar