Senin, 26 Juli 2010

Latar belakang sejarah jaringan



Latar belakang sejarah jaringan

Tahun 1940 para ilmuan Amerika berfikir bagaimana cara memanfaatkan sebuah perangkat computer secara bersamaaan. Pada tahun 1950 jenis computer mulai membesar sampai terciptanya super computer karena mahalnya harga perangkat computer maka, ada tuntutan sebuah computer mesti melayani beberapa terminal. Maka muncul lah konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (time sharing system) bentuk pertama kali jaringan (network) computer diaplikasikan. Pada system TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah host computer.

Selanjutnya konsep ini berkembang menjadi proses distribusi. Dalam proses ini beberapa computer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung sacara seri disetiap host computer.


Ketika harga-harga computer kecil sudah mulai menurun dan konsep proses distribusi sudah matang, maka penggunaan computer dan jaringan nya sudah mulai beragam dari mulai menangani proses bersama maupun komunikasi antar computer (peer to peer system) saja tanpa perlu melalui computer pusat. Kemudian berkembanglah teknologi jaringan local yang dikenal dengan LAN (local area network), ketika internet mulai dikenalkan, maka sebagian besar LAN yang berdiri sendiri mulai berhubungan dan terbentuklah jarngan raksasa di tingkat dunia yang disebuut dengan istilah WAN (Work Area Network)


1 komentar:

T. Khairil Ahsyar mengatakan...

Tugasnya sudah saya terima, jangan lupa dibaca lagi tu tugasnya...!!!!

Posting Komentar